Rancangan Animasi
ada 6 hal penting untuk menciptakan perancangan animasi yang efektif dan interaktif, yaitu:
1. Symbol dan Symbol Editor
Dimana simbol yang dibuat akan dijadikan master dan disimpan di dalam
library movie,
simbol-simbol ini juga dapat dipergunakan berkali-kali tanpa perlu
takut ukuran file dalam flash. Dalam aplikasi flash, simbol editor akan
terpisah dari stage.
2. Animasi
Animasi akan tercipta dengan mengubah isi beberapa frame berurutan dalam jangka waktu tertentu, animasi ini dapat berupa
frame-by-frame animation yang didapat dengan mengubah isi setiap frame secara berurutan.
3. Sound
Unsur interaksi dan suara adalah tujuan utama dalam pembuatan animasi
multimedia pada flash dimana unsure suara dapat mengisi kekosongan yang
terdapat pada pembuatan animasi.
4. Action Script
Menurut Tito Riberu (2004:1),
action script merupakan bahasa
pemograman komputer yang terintegrasi dialam perangkat lunak perancangan
animasi flash. Bahasa ini merupakan bahasa pemograman yang digunakan
dalam perancangan animasi mulai macromedia flash rilis 2.0 sampai saat
ini yang terahir. Dimana pemograman dapat mengintergrasikan
fungsi-fungsi navigasi maupun interaksi yang kompleks dan pernyataan
progeam yang dapat mendukung animasi.
5. Publikasi Flash
Publikasi flash adalah tujuan yang akan dicapai dari apa yang kita buat,
yang pada nantinya akan dinikmati oleh setiap orang, baik berupa
presentasi , cd interaktif atau situs.
6. Flash dan HTML
Flash dan HTML adalah fungsi yang akan dijadikan movie pada web broser,
seperti biasa kita harus meletakkan flash movie ke dalam halaman HTML (
Object Embeded).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar