Jenis Animasi Komputer
Beberapa contoh pertama dari animasi komputer komersial secara
tradisional menggunakan bantuan komputer. Hal ini bisa dalam bentuk
komputer yang memproduksi ” perantara” atau gambar yang menghubungkan
dua inputan yang sama oleh seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk
menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi pembantu pertama
kali digunakan dalam sebuah film animasi di “The Mouse Detective Besar”
Disney pada tahun 1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam
jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer
sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka
bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan
oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991),
“Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) .
Animasi komputer yang paling modern menggunakan sistem kendali gerak
yang digunakan oleh animator untuk memanipulasi pembuatan sebuah objek,
dan kemudian memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian pose.
Metode ini menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan
akhir. Animasi gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem scripting
seperti ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator
adalah seorang programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa
komputer untuk menghasilkan sebuah objek dan memberikan gerakan obyek
itu. Sebagai animasi komputer berkembang, sistem yang lebih interaktif
dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan
gambar dan benda-benda melalui antarmuka yang lebih abstrak. Kode
sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan yang animator
membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek dengan
mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
Animasi komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari
film animasi. Sejak adanya bioskop, unsur-unsur animasi telah
ditambahkan kedalam gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau
latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah dipasangkan
dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana
berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited
bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus
yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film
yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan
pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih
bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan
komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau
sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi
di banyak konsumen tingkat program video editing.
Motion capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh
banyak peminat dalam beberapa tahun terakhir. Motion capture ini
bergantung pada sensor kecil yang ditempatkan pada karakter di berbagai
titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor melakukan dan gerakan mereka
ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan
mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang
dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama seperti aktor
lakukan.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan
antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa
contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
Salah satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi
Flash merupakan salah satu nama untuk program Flash dari Adobe yang
telah mereka produksi, meskipun saat ini ada program lain yang juga
memungkinkan animator untuk menciptakan “flash” animasi. Walaupun
keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, namun Flash lebih murah untuk
memproduksi ,karena itu sekarang flash semakin meningkat popularitasnya.
Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan umum sebagai konten
video di situs Web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar