Kamis, 12 Februari 2015


 Pengaplikasian Grafis berbasis Bitmap dan Vektor dalam kehidupan sehari-hari


Banyak karya-karya seni yang kita dapat temui dalam kehidupan sehari-hari saat ini, seperti Website, Blog, Kartu Nama, Kartu Undangan, Liflet, Brosur, Seni Fotografi. Saat ini grafis berbasis komputer sudah menjadi santapan sehari-hari bagi para pecinta komputer. Banyak pecinta komputer yang menciptakan sebuah website dengan desain grafis yang paling menarik untuk ditampilkan. Semua karya tersebut sebenarnya dapat kita buat sendiri dengan menggunakan perangkat lunak grafis. Karena itu banyak bermunculan program-program aplikasi pembuat grafis yang mudah dipelajari dengan fitur-fitur yang canggih dan mudah dioperasikan. Program aplikasi pembuat grafis berkembang sangat cepat sejak diperkenalkannya sistem GUI (Graphical User Interface). GUI mudah untuk dipelajari karena menggunakan ikon atau toolbox secara visual sebagai pengganti menu atau perintah yang berbasis command line (teks). Program aplikasi pembuat grafis lain diantaranya adalah CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Photoshop CS , Freehand MX, Adobe Illustrator CS dan Microsoft Photo Editor. Pengapliakasiannya pada kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut :

1.      Dalam dunia pendidikan, buku buku yang dicetak dan dipelajari anak-anak didesain sedemikian menarik agar tercipta kesan menarik dan memberikan motivasi kepada anak-anak untuk belajar. Selain itu berbagai logo, brosur, kartu nama, surat undangan merupakan sebagian kecil dari berbagai contoh produk desain yang beredar dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Bidang Perancangan, Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.
3.      Bidang Hiburan, Pada sekarang ini semua acara hiburan di Tv banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.
4.      Virtual Realty, Ini semacam teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
5.      Bidang Pengembangan Game Maya, Autodesk Maya ini adalah aplikasi atau software animasi 3D yang di lengkapi dengan fitur canggih dan komprehensif. Autodesk Maya ini sering di gunakan untuk pengembangan sebuah game dan proyek animasi 3D lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar